Tuesday, December 6, 2011

Waspada, Jutaan Anak Kecanduan Facebook


Oleh : ARI.RM

Ilustrasi
Foto : Babble.com
Survei menyebutkan, jutaan anak antara 7-12 tahun kecanduan Facebook dan selalu mengakses situs jejaring sosial itu minimal sekali dalam sehari.

Lembaga survei asal Inggris, Mintel, menyebutkan sekitar 970 ribu anak di negara tersebut secara rutin mengakses Facebook setiap hari. Sebanyak 46 persen dari keseluruhan responden mengakses Facebook hanya dalam waktu tertentu. Sementara, hanya 1 dari 20 anak yang mengaku tidak pernah mengakses Facebook sama sekali.

Mintel juga menyebutkan, penggunaan jejaring sosial Facebook oleh anak-anak paling banyak dilakukan oleh anak berusia 10-12 tahun. Selain Facebook, situs jejaring sosial lain yang menjadi favorit adalah Twitter dan Club Penguin  meski tidak diakses sebanyak Facebook.

Para peneliti di Mintel mengatakan, kecanduan mengakses Facebook menular dari satu anak ke anak lainnya. Hampir dua pertiga dari anak usia tujuh hingga 12 tahun yang disurvei, mengakses jejaring sosial tersebut karena ajakan teman-temannya.

"Anak-anak sekarang dapat dengan mudah menjadi berpengalaman dalam segala aspek yang berkaitan dengan internet. Hampir sejuta anak usia 7 hingga 12 tahun menggunakan Facebook. Hal ini menunjukkan betapa populernya jejaring sosial tersebut," ujar Ina Mitskavets, penulis buku Children's Lifestyles seperti dikutip The Sun, Jumat (04/11).

Jika di Inggris saja sedemikian banyak anak yang kecanduan Facebook, hal yang sama sangat mungkin terjadi di Indonesia.

No comments: