Sabtu, 21 Januari 2012

Remaja Ini Operasi Ganti Kelamin di Usia 16



Melakukan operasi untuk mengubah bentuk dan organ-organ tubuh membutuhkan suatu keputusan besar. Operasi ini akan mengubah diri seseorang selamanya, sehingga ia harus benar-benar siap menghadapi segala risikonya. Namun bagi Jackie Green (18), operasi ganti kelamin sudah diidamkannya sejak masih kecil, sehingga ia tak bisa menundanya lebih lama lagi.

Lahir sebagai anak laki-laki bernama Jack di Leeds, Inggris, saat tumbuh besar Jackie merasa dirinya adalah anak perempuan yang terjebak di dalam tubuh laki-laki. Sejak kecil ia sudah bertingkah seperti anak perempuan. Ia hanya mau memakai pakaian anak perempuan, dan memainkan permainan anak perempuan. Namun semakin lama, kondisi itu semakin menyiksa. Ia menjadi bulan-bulanan teman-temannya karena perbedaan perilakunya tersebut. Akibatnya, Jackie sempat melakukan percobaan bunuh diri empat kali. Begitu putus asanya, Jackie bahkan sempat nyaris memotong alat vitalnya sendiri dengan pisau.

Orangtuanya rupanya cukup memahami penderitaan Jackie, sehingga ketika berusia 16 tahun sang anak diperbolehkan menjalani operasi ganti kelamin. Mereka terbang ke Thailand untuk menjalani operasi ganti kelamin secara total selama tujuh jam dengan biaya 28.000 poundsterling (sekitar Rp 389 juta).

Operasi tersebut menjadikan Jackie perempuan sejati. Ia merasa dapat menjalani kehidupannya secara normal, sebagai perempuan. Bahkan, Jackie mempunyai kekasih. Kini, ia bermimpi mengikuti kontes kecantikan. Cita-citanya paling tidak menjadi semifinalis Miss England.

"Agak aneh juga karena ada banyak gadis-gadis cantik dalam kompetisi ini. Pasti hebat kalau bisa menang, dan aku berharap hal ini membuat orang lain melihat bahwa ada kehidupan lain selain digencet," paparnya.

Sang ibu, Susie, mendukung keinginan Jackie sepenuhnya. "Ia sudah bertekad untuk itu, dan tahu bahwa ia pasti akan dikritik. Ia mendapat komentar yang sangat baik di website, tapi ia tetap waspada dan tidak ingin hal itu menghentikan niatnya. Ia sama seperti orang lain," ujar Susie.

Saat ini, Jackie mengikuti sebuah kontes kecantikan dan mendapat suara yang cukup besar dari masyarakat. Tiga peringkat teratas dari kontes ini akan menghadapi penjurian, sebelum pemenangnya akan diberi tempat di babak semifinal Miss England. Menurut pihak panitia, Jackie telah memenuhi semua persyaratan dari kontes tersebut."Ari RM"

Tidak ada komentar: