Friday, February 3, 2012

Datuk Maringgih Wafat

Alm. Him Damsyik (Blackberry Messenger)

JAKARTA - HIM Damsyik meningal dunia di RS MMC, Kuningan, dini hari tadi. Rencananya akan dimakamkan di TPU Karet Bivak, usai salat Jumat nanti.

Demikian diungkapkan anak kandung HM Damsyik, Rinayati, melalui BBM kepada wartawan beberapa saat lalu, Jumat (3/2/2012)

"Jenazah akan dikebumikan di pemakaman Karet Bivak sesudah sholat Jum'at. Berangkat dari rumah Jl Kwini no: 9 Blok A Cinere," jelasnya.

Pria bernama lengkap Haji Incik Muhammad Damsyik lahir di Teluk Betung, Lampung, 14 Maret 1929. Semasa hidupnya, Him Damsyik terkenal dengan peran-peran antagonis. Di tahun 1980-an dia tenar sebagai tokoh jahat di film-film laga yang dibintangi Barry Prima.

Tapi, peran yang membuatnya paling dikenang adalah sebagai Datuk Maringgih di sinetron Siti Nurabaya di TVRI pada awal 1990-an.

Selain sebagai aktor, Him Damsyik juga dikenal jago dansa hingga dijuluki Datuk Dansa.

Sebelumnya beliau telah diberitakan sakit dan dirawat RS MMC Kuningan karena mengalami penurunan kekebalan daya tahan tubuh. Sumsum tulang belakangnya tidak dapat menghasilkan antibodi, sehingga tubuhnya semakin melemah. Him Damsyik menghembuskan nafas terakhir di usia 82 tahun.

No comments: