Wednesday, February 1, 2012

Kelok Sembilan Bisa Dipakai April 2012



PADANG-Sekitar 70 persen jalan Kelok Sembilan yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Riau di Limapuluh Kota diperkirakan sudah bisa dilewati kendaraan April 2012.


Demikian disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno saat mengunjungi Kelok Sembilan, Selasa (17/1/2012) siang.


Jalur yang siap 70 persen itu, kata Gubernur, merupakan kegiatan Tahap I. "Sekarang sedang dalam uji kelayakan, direncanakan April 2012 kita lounching (resmikan-red)," katanya seperti dikutip siaran pers Humas Pemprov Sumbar yang dikirimkan kepada PadangKini.com.


Sedangkan pengerjaan Tahap II untuk menuntaskan 30 persen lagi, kata Irwan, dilakukan tahun.  Kegiatannya membangun jembatan sepanjang 250 meter dan jalan sepanjang 1 km. Biaya Tahap II Rp187 miliar. Total anggaran keseluruhan salah satu proyek besar di Sumatera Barat itu Rp550 miliar.


"Kita akan kebut penyelesaiannya tahun ini dan direncanakan siap 2013," ujarnya.


Kepala Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Pemukiman Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Suprapto  mengatakan, saat ini tim sedang menguji kelayakan jalan dan jembatan Kelok Sembilan Tahap I. Uji Kelayakan merupakan persyaratan yang harus dilakukan sebelum jalan dan jembatan digunakan.


"April untuk Tahap Satu sudah pasti dapat dilewati kendaraan," katanya. (s)

No comments: