Friday, November 25, 2011

Gerhana Matahari Sebagian Terjadi Hari Ini


(Starry Night Software space.com)
Jakarta - Hari ini gerhana matahari bakal terjadi. Namun piringan bulan hanya menutup sebagian dari piringan matahari, karena itu fenomena ini disebut sebagai gerhana matahari sebagian.


"Tapi kita di Indonesia tidak bisa mengamati gerhana itu. Sedangkan bagi mereka yang dekat dengan Kutub Selatan bisa mengamatinya," ujar peneliti bidang matahari dan antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Emanuel Sungging Mumpuni, kepada detikcom, Jumat (25/11/2011).


Dia menjelaskan, gerhana matahari tidak sebagian itu tidak bisa teramati di Indonesia karena bayangan yang ditimbulkan tidak jatuh di daerah yang bisa diamati dari Indonesia. Kontak pertama terjadi pada pukul 11:23:11 WIB dan kontak terakhir pada pukul 15:17:15,8 WIB. Saat maksimum gerhana terjadi pada pukul 13:20:15,9 WIB.


Menurut space.com (24/11), gerhana ini akan terlihat terbaik dari Antartika, sebab bagian terbesar dari gerhana dekat dengan Kutub Selatan, di mana 78 persen dari matahari akan tertutup oleh bulan. Sedangkan di Afrika Selatan, fenomena itu hanya bisa dilihat di Provinsi Cape. Dari tempat tersebut, akan terlihat 11 persen matahari tertutup.


Di Australia, gerhana hanya bisa dilihat dari Tasmania, dengan 6 persen dari matahari yang tertutup di Hobart. Sedangkan di Selandia Baru gerhana matahari sebagian terjadi saat matahari terbenam, baik dilihat dari South Island dengan 31 persen dari matahari tertutup di Dunedin.


Melihat langsung ke matahari meski hanya sepersekian detik bisa mengakibatkan kerusakan permanen pada mata. Sebab ada risiko cahaya matahari membakar retina mata. Seperti kita tahu, mata memiliki refleks keengganan menjauhi matahari. Nah, ketika gerhana matahari sebagian, refleks keengganan melihat matahari tidak kuat sehingga malah membuat mata melotot ke matahari.


Ada beberapa metode yang aman untuk mengamati matahari, yakni dengan melihatnya melalui filter matahari atau dengan kamera lubang jarum. Filter matahari adalah berupa kacamata gerhana. Jika Anda tidak dapat menemukan kacamata ini, Anda bisa membeli ke toko peralatan las profesional dan membeli kaca tukang las ukuran 14. Kaca ini bisa melindungi mata saat melihat ke matahari sehingga bisa mencegah kerusakan mata.


Ada lagi cara yang aman dan sangat murah untuk melihat gerhana matahari sebagian, yakni dengan kamera lubang jarum. Caranya, tutup jendela dengan sepotong besar kardus dengan lubang kecil di tengahnya. Dengan kamera ini maka akan didapat sebuah bayangan gelap dengan gambar kecil dari matahari di tengah.


Cara lainnya adalah dengan menempatkan cermin kecil di jendela dengan posisi menghadap matahari. Matahari akan terpantul dari cermin dan memproyeksikan gambar pada dinding atau langit-langit ruangan, sehingga setiap orang dapat mengamati dengan aman.


Cara murah lainnya adalah dengan ember atau baskom hitam yang diisi air. Saat terjadi gerhana, taruh saja ember itu di bawah langit sehingga bayangan matahari jatuh pada air dalam ember/baskom itu.

No comments: