Wednesday, November 30, 2011

5 Game Terlarang Karena Alasan Politis





 

KOMPAS.com - Lebih sering sebuah game mendapat larangan beredar karena kontennya yang dianggap keterlaluan. Baik dari sisi kekerasan yang terlalu sadis atau dari sisi terlalu menjurus ke pornografi.

Namun ada juga game yang dilarang dengan alasan politis. Seperti yang dilakukan Iran terhadap game Battlefield 3 yang menampilkan adegan pertempuran di kota Tehran, ibukota Iran.

Berikut adalah 5 judul game yang dilarang dengan alasan berbau politis, selain Battlefield 3, yang dipilih Kompas.com dari berbagai sumber:

Command & Conquer Generals: Game ini dilarang oleh pemerintah China karena dianggap mencoreng citra negara itu dan tentaranya. Padahal game ini menampilkan China sebagai salah satu jagoan.

Call of Duty 4: Modern Warfare: Game ini dilarang di Arab Saudi karena menampilkan kekejaman dan kekerasan pada tentara Arab. Lokasi dalam game juga dianggap mirip dengan Riyadh.

Fallout 3: Game ini tak beredar di India karena menampilkan Brahmin, sapi yang mengalami mutasi sehingga kepalanya dua. Sapi adalah binatang suci di India. Sedangkan Brahmin adalah sebutan bagi kaum cerdik-cendekia.

Di Jepang, game ini mengalami sensor karena adanya senjata bernama Fat Man. Ini adalah nama yang sama dengan bom atom yang menghantam Nagasaki.

Tom Clancy's Ghost Recon Advanced Warfighter 2: Game ini dilarang beredar hanya di satu wilayah di Meksiko, tepatnya di negara bagian Chihuahua. Ini karena dalam game, kota Chihuahua dan Ciudad Juarez digambarkan sebagai tempat pemberontak Meksiko.

Mass Effect 2: Game ini dilarang beredar di Uni Emirat Arab dan sempat dilarang juga di Singapura. Gara-garanya, terdapat opsi untuk menjalin hubungan asmara antara karakter sesama jenis (homoseksual) dan antar spesies.

Selain judul-judul game di atas, masih ada berbagai game yang dilarang (atau sempat dilarang) dengan alasan politis. Patut disebut juga bahwa game apapun yang menampilkan simbol Nazi akan dilarang beredar di Jerman.

3 comments:

Anonymous said...

Few travellers on a Mashobra tour can resist the temptation
of seeking blessings at the Mahasu Devta Temple. There is an opportunity for parents
to offset the teacher: pupil ratio through practice at home.
Wherever you click you are instantly overwhelmed with special offers: book this, buy that, fly with
us, hop on this, reserve that. As a rule of thumb, if an app has been successful in
i - OS or Android format, it is likely to also be found on Windows
Marketplace. In doing so, it becomes the only
potential choice for best gaming PC under 500 bucks
in the desktop category. IMPORTANT NOTE: When shopping for a sound card, make sure you do
not accidentally purcahse one that is "Low Profile. A low quality product may lose its shine in a few days or may simply get tarnished due to overuse or after coming in contact with water. Most visitors on a trip to Munnar invariably end up at the Tata Tea Museum and gain some delightful insights into the process of tea making. Today, the company has over 1. So be it.

Also visit my weblog ... frdlink.in

Anonymous said...

You can learn about those fundamental lessons by simply playing video games.
A short video that requires minimal digital effects can be rendered in
just a few minutes while a feature length animated movie can take up to several weeks because of
the complexity of the effects needed and the
3D animation itself. Games such as Bugsby the Reading System, The Tag Reader, Hot Dots Reading Comprehension Kits and 20Q are a few of the many games available that serve this purpose.


Feel free to visit my web blog ... gratis spiele spielen

Anonymous said...

Please supplement charge before use when the battery
has been kept for a long time. If you don't want to use Safari to navigate to pages, zoom in, and read articles, Byline may be just the app for you. Aside from these types of power packs, you can even choose the 8-cell and also 12-cell electric battery.

Also visit my webpage: onlineradio - www.arcadetrainer.com