Wednesday, November 16, 2011

Lejitkan Bakat Lewat Tulisan




Menulis merupakan langkah awal untuk mengekspresikan apa dan siapa kita sesungguhnya. Ternyata bukan hanya sembarang tulisan saja yang bisa kita tuangkan. Menulis juga tidak lepas dari unsur emosi dan kepiawaian dalam menata kata-kata hingga terkemas rapih dan juga menarik sehingga tercipta deh  sebuah karya.
Percaya gak, kalo kita bisa mudah banget melihat karakter seseorang lewat tulisan yang ia buat?, Kalo saya jawabnya sih “iya” .  Berkat tulisan juga kita bisa menilai sejauh mana karakter seseorang tersebut. Lewat emosi dan juga literatur tatanan bahasa yang  balance. Sebenarnya bukan asal tulis dituang saja,namun secara tidak sengaja itu merupakan teknik tanpa kita sadari merupakan salah satu bakat terpendam yang kita punya.
"Melatih bakat"
Bakat itu perlu kita latih contohnya, kita sulit sekali merangkai kata secara sederhana agar layaknya orang lain mudah membaca maksud dari tulisan yang kita  buat. Caranya cukup dengan banyak melatih dan mengasah bakat. Seperti yang saya baca dari buku “ The star it’s me”  sebetulnya bakat itu sulit kita sadari, nah cara yang ampuh adalah dengan membangunkan bakat tersebut yang bersemayam di diri kita. Langkah kita saat ini ialah bagaimana caranya membangunkan macan tidur itu.
Seseorang pernah bilang pada saya” menulis itu ngak mudah loh, butuh skill dan bakat” saya setuju ...!! menulis itu butuh skill dan bakat, keduanya harus berdampingan.
Gaya menulis
Ini dia salah satu karakter yang cukup menonjol dari seorang penulis, bagaimana ia bisa menciptakan gaya tulisan,bukan hanya sekedar tulisan biasa saja. Tulisan yang  mempunyai ciri khas  mengambarkan pemahamannyan, selain itu gaya tuilisan pastinya tidak dimiliki oleh setiap orang. Setiap penulis sejatinya memiliki gaya tulisan atau cara penyampaian yang berbeda satu dengan yang lainnya. Tugas kita adalah berupaya untuk tetap menjadi diri sendiri, tanpa harus mengikuti gaya tulisan orang lain.
Tulisan = ide + imajinasi
Tulisan itu senantiasa berhubungan dengan ide dan juga imajinasi, percaya kan? Dengan menulis kita secara tidak langsung tengah mengembangkan imajinasi kita. Susah-susah gampang  untuk mencari ide, namun setelah kalian terbiasa insya Allah ide pasti akan mengalir sendirinya. Selanjutnya kita bisa mengembangkan imajinasi kita menjadi sebuah gagasan dalam bentuk tulisan.
Harapan
Seusai menulis, seorang penulis pasti memiliki harapan dari tulisannya tersebut, entah itu untuk dirinya sendiri atau untuk orang lain. Ketika menulis banyak sekali manfaat  yang bisa kita pacu untuk menjadi salah satu energi baru lagi. Energi yang seharusnya membuktikan jika kita memiliki bakat terpendam yang harus dibangunkan, disegerakan , dan dimulai  sejak saat ini...ayo kawan,,,act now.....!!!!

No comments: